TENTANG RAYAP  

 

Treatment Rayap Pasca Konstruksi

 

Rayap  merupakan serangga  yang  hidup berkelompok  didalam  tanah dimana masing masing anggota mempunyai tugas yang berbeda yaitu:

a.

Kelompok pekerja,
Bentuk   paling kecil,  tidak  bersayap yang  tugasnya  mencari makan dan memberi makan kelompok yang lain

b.

Kelompok prajurit
Lebih  besar  dari pekerja,  mempunyai  capit yang  besar dan kuat di bagian kepala dan bertugas melawan musuh serta melindungi koloni dari serangan musuh
.

c.

Ratu dan raja.
Bentuk  tubuh ratu  paling besar sedangkan  raja lebih  kecil dari  ratu, dan  tempat raja dan ratu berada dibawah permukaan tanah. Raja dan ratu inilah yang bertugas mengembangbiakkan keturunan dari hasil perkawinan antara raja dan ratu. Menurut penelitian bahwa rayap  mampu menghasilkan ribuan telur dalam satu hari dan "rayap" juga mampu hidup kurang lebih 30 tahun
.

Rayap yang paling banyak menimbulkan kerusakan adalah rayap tanah (Subtranean)dan jenis yang paling merusak adalah Coptotermes curvignatus.

Rayap ini bersarang di dalam tanah dan membangun liang-liang atau jalan yang menghubungkan sarang dengan benda-benda yang akan dimakan. 

Rayap merusak kayu dan bahan bahan yang mengandung selulosa pada rumah dan bangunan seperti kertas, kardus, kain serat gypsum dan perabot yang berbahan kayu, yang paling ekstrim meruusak instalasi listrik dengan memakan pembungkus kabel sehingga tak jarang menimbulkan konsleting.

 

Untuk itu "rayap" perlu dikendalikan sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Rayap dapat dikendalikan dengan dua cara yaitu : dengan penyuntikan (slab Injection) dan pengumpanan (baiting))dimana masing-masing metode mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

Pengendalian rayap (termit) dilakukan dengan dua metoda, yaitu :  

Masa  pra konstruksi :
Pada masa prakonstruksi pengendalian dengan melakukan treatment pada tanah bangunan dengan insektisida anti rayap. Dengan metoda ini otomatis perkembangan rayap dapat dikendalikan sehingga saat konstruksi sudah selesai dilakukan, gangguan rayap akan sangat minim karena sudah ada upaya pengendalian masa pra konstruksi.

Masa pasca konstruksi :
Pada masa pasca konstruksi terdapat dua metode pengendalian rayap, yakni  :

Untuk pengumpanan dapat dijabarkan sistem kerjanya, berdasarkan cara hidup rayap dengan sistem koloni, makanan umpan  yang berisi  racun akan  dimakan oleh rayap dan  sebagian  dibawa rayap sebagai makanan bagi ratu mereka.

Dengan demikian, dalam jangka waktu tertentu, ratu rayap yang fungsinya adalah untuk menghasilkan telur sebagai penerus keturunan, akan mati karena memakan makanan yang men
gandung racun yang diberikan pada umpan. Dengan matinya ratu rayap, secara otomatis siklus kehidupan pada koloni rayap tersebut akan terputus.

 

 

 
 
 
  Hubungi Kami :

0811-773 4949

0812 70 45334

 

0778-478618
email : enviro.datanet@gmail.com
 
 
 
 
 
 
   
 
VECTOKIL - Jasa Pengendalian Serangga - Copyright © 2011